Hot Car Review http://www.duipee.com/ Find out about how you can extend fuel performance, where to obtain quality used cars, car care tips, car insurance arrow

Honda Smart Technology, Teknologi Pintar Milik Honda

Honda Smart Technology, Teknologi Pintar Milik Honda
Astra Honda Motor sebagai pelopor produk berteknologi injeksi ramah lingkungan, telah memberikan beragam pilihan kepada Anda melalui berbagai varian produk. PT. Astra Motor Honda menciptakan sebuah kombinasi teknologi pintar atau hondasmarttech dan fitur canggih yang bertujuan untuk memudahkan pengguna mulai dari sebelum Anda berkendara hingga tiba ke tempat tujuan dengan tingkat safety yang sangat tinggi.
Semua sepeda motor matic Honda akan menggunakan teknologi eSP ( Enhanced Smart Power ) pada tahun 2015.

Teknologi Pintar Milik Honda mengusung keunggulan hemat bahan bakar, mesin halus, gesekan mesin dan ruang pembakaran yang efisien, juga saluran udara yang efisien sehingga pembuangan emisi jadi lebih bagus menjadikan ramah lingkungan dan performa tinggi. Hondasmarttech pertama kali diaplikasikan pada motor matik Honda PCX menyusul kemudian Vario Techno 125, skutik entry level seperti BeAT juga akan dipasangkan.

Komponen pendukung eSP engine pada motor matic terbaru Honda adalah ACG starter dan Idling Stop System (ISS), sehingga dua komponen #teknologi pintar honda ini juga akan menjadi fitur standar.

Fitur Honda Smart Technology merupakan kombinasi dari inovasi teknologi tinggi produk Honda, diantaranya :

Enhanced Smart Power
eSP ( Enhanced Smart Power )
eSP merupakan teknologi mesin terbaru inovasi Honda yang kemudian diaplikasaikan secara global. Teknologi Pintar Honda pada eSP memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

Keunggulan teknologi eSP ( Enhanced Smart Power )
  • ACG starter dan ISS, starter di buat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi. Komponen ini klop disandingkan dengan idling stop system (ISS). ISS adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati pada kondisi langsam lebih dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika berhenti di lampu merah.
  • Fuel Injector, pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. “Kami juga sudah patenkan komponen ini,” yakin Wedijanto.
  • Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi namun pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen Teknologi Pintar Honda yang di desain khusus oleh Honda ini pun sudah dipatenkan.
  • Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar.
  • Offset Cyclinder & Spiny Sleeves, Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih. Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.
  • Light Weight Piston & Crankshaft, sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.
  • Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja.
  • Built in Liquid Cooling System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak.
  • V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
  • Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.
Produk Honda Menggunakan eSP : Honda Vario 125 ESP, Honda Vario 150 ESP, All New PCX, All New Beat ESP

Programmed Fuel Injection
PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Teknologi PGM-FI bekerja dengan secara elektronik untuk menyuplai bahan bakar dan oksigen dengan komposisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan dan kondisi jalan. Teknologi PGM-FI ini lebih jauh mengandalkan peran beberapa komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin atau ECM (Engine Control Module), system kerja mesin ini kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga yang optimal secara efisien dengan hasil buang akhir yang ramah lingkungan.

Teknologi PGM-FI telah hadir pada varian Supra X 125 Helm in PGM-FI dan Spacy Helm in PGM-FI.

Combi Brake System
CBS (C ombi Brake System )
Teknologi canggih CBS adalah sebuah inovasi yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, memungkinkan kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem belakang agar selalu berfungsi dengan tepat.

Idling Stop System
ISS ( Idling Stop System )
ISS merupakan salah satu fitur premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan gas buang yang lebih baik dari yang lain. Fitur Idling Stop System bekerja setelah motor berhenti lebih dari 3 detik dan mesin secara otomatis menyala kembali saat tuas gas di putar. Teknologi Pintar Honda ini sangat membantu mencegah bahan bakar yang terbuang sia-sia. Konsumsi bahan bakar lebih irit dan ramah lingkungan, performa mesin dan aki tetap optimal..

Answer Back System
Answer Back System
Answer Back System merupakan sistem yang bekerja berdasarkan penggunaan sinyal radio melalui remote. Ketika remote yang sudah terintegrasi dengan kunci ditekan, motor secara otomatis akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan oleh buzzer dan kedipan dari lampu sein depan dan belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya tersimpan. Dengan Teknologi Pintar Honda ini maka pengguna akan sangat terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis dan tentunya lebih cepat.

LED Headlight
LED Headlight
Teknologi Pintar Honda pada lampu LED yang satu ini sungguh sangat hemat daya, namun tetap menghasilkan sorot lampu lebih yang terang tajam. Tingkat panas yang dihasilkan jauh lebih rendah menjadikan umur pakai jauh lebih lama,  serta tingkat pencahayaan yang baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi.

Selain deretan teknologi canggih di atas, hal paling membanggakan dari inovasi PT. Astra Motor Honda untuk konsumen adalah komitmen memberikan produk hemat BBM dan ramah lingkunan melalui Honda Smart Technology, Teknologi Pintar Milik Honda. Langkah ini merupakan salah satu bentuk kecintaan dan tanggung jawab sosial PT. Astra Motor Honda terhadap lingkungan.


Other Items:

Share this Items :
Back to top